Saleum Troeh Teuka

Saleum Troeh Teuka
Selamat datang wahai saudaraku ke tempat kami

Jumat, 14 Januari 2011

Jenis Jiwa Manusia



Jiwa manusia ada tiga macam:

1. Jiwa yang jelek

Dia adalah jiwa yang selalu memerintahkan ber¬buat kejelekan, mengikuti hawa nafsu, kesesatan dan tempat-tempat yang jelek. Mengenai jenis jiwa ini Allah سبحانه و تعالي berfirman:


وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلاَّ مَا رَحِمَ رَبِّيَ إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَّحِيمٌ


“Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Robbku. Sesungguhnya Robbku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yusuf [12]: 53)


Syaikh Ibnu Utsaimin رحمه الله berkata: “Kejelekan jiwa itu berkisar dua perkara: mengerjakan kemak¬siatan atau lemah dalam mengerjakan ketaatan.”


2. Jiwa yang tenang dan bagus
Dia adalah jiwa yang memerintahkan kebaikan dan melarang dari kejelekan. Selalu tenang ingat kepada Allah kembali dan taubat kepada-Nya, dan selalu dekat dan rindu berjumpa dengan Allah.


يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ. ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً

“Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Robbmu de¬ngan hati yang puas lagi diridhoi-Nya.” (QS. al-Fajr [89]: 27-28)

3. Jiwa yang selalu mencela dan menyesal

Jiwa jenis ini ada yang mengatakan adalah sifat bagi jiwa yang baik dan jelek. Karena jiwa yang baik akan mencela perbuatan jelek, dan jiwa yang jelek akan mencela perbuatan baik. Allah سبحانه و تعالي berfirman:


لَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ. وَلَا أُقْسِمُ بِالنَّفْسِ اللَّوَّامَةِ


“Aku bersumpah demi hari kiamat. Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).” (QS. al-Qiyamah [75]: 1-2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar