Saleum Troeh Teuka

Saleum Troeh Teuka
Selamat datang wahai saudaraku ke tempat kami

Selasa, 15 Oktober 2019

Hukum Rujuk Ke Kitab Tanpa Sanad

Bolehkah dalam masalah agama pada zaman sekarang merujuk kepada kitab-kitab mu’tabarah cetakan terpercaya tanpa sanad yang bersambung kepada pengarang kitab

Oleh Tgk Alizar Usman

Mari kita perhatikan keterangan ulama berikut ini :

1.    Imam al-Nawawi mengatakan :

لَا يَجُوزُ لِمَنْ كَانَتْ فَتْوَاهُ نَقْلًا لِمَذْهَبِ إمَامٍ إذَا اعْتَمَدَ الْكُتُبَ أَنْ يَعْتَمِدَ إلَّا عَلَى كِتَابٍ مَوْثُوقٍ بِصِحَّتِهِ وَبِأَنَّهُ مَذْهَبُ ذَلِكَ الْإِمَامِ فَإِنْ وَثِقَ بِأَنَّ أَصْلَ التَّصْنِيفِ بِهَذِهِ الصِّفَةِ لَكِنْ لَمْ تَكُنْ هَذِهِ النُّسْخَةُ مُعْتَمَدَةً فَلْيَسْتَظْهِرْ بِنُسَخٍ مِنْهُ مُتَّفِقَةٍ

Tidak boleh bagi yang berfatwa dengan mengutip mazhab imamnya, apabila dengan berpegang kepada kitab-kitab, berpegang kepada kitab-kitab kecuali berdasarkan kitab yang dipercaya keshahihannya dan kitab tersebut merupakan mazhab imam tersebut. Apabila asal karangan itu dengan sifat-sifat ini dapat dipercaya, akan tetapi naskahnya tidak mu’tamad, maka hendaknya diperjelaskan dengan naskah lain darinya yang ittifaq.[1]


2.    Imam Ibn Hajar Al-Haitamy mengatakan :

مَا أَفْهَمَهُ كَلَامُهُ مِنْ جَوَازِ النَّقْلِ مِنْ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ وَنِسْبَةِ مَا فِيهَا لِمُؤَلِّفِيهَا مُجْمَعٌ عَلَيْهِ وَإِنْ لَمْ يَتَّصِلْ سَنَدُ النَّاقِلِ بِمُؤَلِّفِيهَا نَعَمْ النَّقْلُ مِنْ نُسْخَةِ كِتَابٍ لَا يَجُوزُ إلَّا إنْ وَثِقَ بِصِحَّتِهَا أَوْ تَعَدَّدَتْ تَعَدُّدًا يَغْلِبُ عَلَى الظَّنِّ صِحَّتُهَا أَوْ رَأَى لَفْظَهَا مُنْتَظِمًا وَهُوَ خَبِيرٌ فَطِنٌ يُدْرِكُ السَّقَطَ وَالتَّحْرِيفَ

Apa yang difahamkan oleh ucapannya (yakni ucapan Imam an Nawawi), yaitu bolehnya mengutip dari kitab-kitab yang mu’tamad, dan menisbatkan apa yang ada didalamnya kepada penulisnya, itu adalah perkara yang mujma’ ‘alaih, meskipun pengutip tidak bersambung sanadnya kepada penyusun kitab-kitab tersebut. Namun demikian,  menukil dari naskah kitab tidak diperbolehkan kecuali jika dia percaya dengan keshahihan apa yang dia nukil tersebut, atau banyak naskah yang dengan sebabnya diduga kuat akan keshahihannya, atau dia melihat lafadznya yang teratur sedangkan dia orang yang ahli dan cerdas yang bisa memahami kekeliruan dan penyimpangan (tahrîf).[2]


3.    Ibnu Abdissalam sebagaimana dikutip oleh al-Suyuthi mengatakan :

وقال ابن عبد السلام: أما الاعتماد على كتب الفقه الصحيحة الموثوق بها, فقد اتفق العلماء في هذا العصر على جواز الاعتماد عليها والاستناد إليها ; لأن الثقة قد حصلت بها كما تحصل بالرواية, ولذلك اعتمد الناس على الكتب المشهورة في النحو, واللغة, والطب وسائر العلوم لحصول الثقة بها وبعد التدليس.

Ibn Abdissalaam berkata : Adapun beri'timad dengan kitab fiqh yang shahih dan terpercaya maka ulama zaman sekarang telah sepakat bolehnya beri'timad dan bersandar kepada kitab-kitab, karena kepercayaan sungguh wujud sebagaimana wujud kepercayaan dengan sebab riwayat. Dengan sebab inilah manusia mengi’timad kitab-kitab masyhur pada ilmu nahu, lughat, tabib dan ilmu-ilmu lainnya, karena wujud kepercayaan dengannya dan jauh dari tadlis.[3]


4.    Al-Suyuthi mengatakan :

فائدة ثانية الإجازة من الشيخ غير شرط في جواز التصدي على الإقراء والإفادة فمن علم من نفسه الأهلية جاز له ذلك وإن لم يجزه أحد وعلى ذلك السلف الأولون والصدر الصالح وكذلك في كل علم وفي الإقراء والإفتاء خلافاً لما يتوهمه الأغبياء من اعتقاد كونها شرطاً

Faedah kedua : Ijazah dari guru bukanlah syarat dalam membolehkan mendatangkan qiraah dan memberikan faedah. Barangsiapa yang memaklumi dirinya ahli, maka itu boleh baginya, meskipun tidak ada seorangpun yang memberikan ijazah. Atas ini telah berpegang para salaf generasi pertama dan ulama shaleh generasi pertama. Demikian juga pada setiap ilmu, pada qiraah dan ifta’. Ini berbeda dengan yang telah diwaham oleh orang-orang bodoh yang mengi’tiqad keadaannya sebagai syarat.[4]



[1] Al-Nawawi, al-Majmu’  Syarah al-Muhazzab, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, Juz. I, Hal. 80

[2] Al-Haitami, Tuhfah al-Muhtaj (dicetak pada hamisy Hasyiah al-Syarwani ‘ala al-Tuhfah), Mathba’ah Mushtafa Muhammad, Mesir,  Juz. I, Hal. 38-39

[3] Al-Suyuthi, al-Asybah wan Nadhair, al-Haramain, Singapura, Hal. 189

[4] Al-Suyuthi, al-Itqan fi Ulumul Qur’an, al-Haramain, Singapura, Juz. I, Hal. 103

Tidak ada komentar:

Posting Komentar